Baca di Tempat
Sirkulasi
Referensi
Penelusuran
Literasi Informasi
Sistem layanan terbuka adalah sistem yang diberlakukan di perpustakaan UHTP dimana pemustaka bebas memanfaatkan bahan pustaka yang ada. Bagi civitas academica UHTP, bahan pustaka bisa dipinjam keluar sesuai tata tertib yang berlaku atau bebas memanfaatkan di tempat. Bagi pengunjung tamu, harap mengisi buku tamu terlebih dahulu sebelum memanfaatkan bahan pustaka perpustakaan UHTP.

Kegiatan dalam layanan sirkulasi antara lain:
  • 1. Layanan peminjaman
  • 2. Layanan pengembalian
  • 3. Layanan perpanjangan
  • 4. Layanan denda (bagi peminjam yang mendekati batas masa pinjaman (H-4), otomatis sistem akan mengirimkan email pemberitahuan kepada peminjam. Denda yang diterima oleh bagian sirkulasi disetor setiap hari Senin ke departemen FA (Finance n Accounting). Membuat “Surat Bebas Pinjaman” yang umumnya diperlukan pemustaka sebagai salah satu syarat untuk mengikuti yudisium atau mengundurkan diri dari perkuliahan.

Adapun tujuan dari pelayanan sirkulasi antara lain:

  1. 1. Supaya civitas academica mampu memanfaatkan koleksi yang ada dengan maksimal.
  2. 2. Terjaminnya pengembalian pinjaman dalam waktu yang jelas, dengan demikian keadaan koleksi akan terjaga.
  3. 3. Diperoleh data kegiatan perpustakaan terutama yang berkaitan dengan pemanfaatan bahan pustaka.
  4. 4. Apabila terjadi pelanggaran segera diketahui.

Layanan sirkulasi juga melaksanakan tugas sebagai berikut :

  1. 1. Menerima bahan pustaka dari bagian pengolahan.
  2. 2. Menyusun bahan pustaka di rak khusus menurut susunan yang sesuai dengan peraturan.
  3. 3. Melayani pemustaka sesuai kebutuhannya.
  4. 4. Melayani peminjaman, pengembalian, perpanjangan dan denda.
  5. 5. Melayani pengunjung tamu.
  6. 6. Mengumpulkan, mencatat dan memperbaiki bahan pustaka yang rusak.
  7. 7. Membuat laporan tertulis dan statistik secara berkala dan menyampaikan laporan kepada kepala perpustakaan.
Jenis-jenis layanan yang diberikan di bagian pelayanan referensi yaitu :
  1. 1. Pelayanan peminjaman koleksi referensi untuk dibaca di tempat dan tidak dipinjamkan untuk dibawa pulang
  2. 2. Bantuan penelusuran, yaitu pemberian bantuan penelusuran letak suatu koleksi yang dibutuhkan pengguna.
  3. 3. Layanan majalah berisi terbitan berkala berupa majalah populer dan jurnal ilmiah Koleksi majalah ini hanya bisa dimanfaatkan dengan membaca di tempat atau dengan difoto kopi.g
  4. 4. Layanan surat kabar yang hanya bisa dimanfaatkan dengan membaca di tempat atau dengan di foto kopi.
  5. 5. Layanan literasi informasi.
  6. 6. Koleksi tugas akhir yaitu skripsi, tesis, disertasi dan hasil penelitian.

Bertujuan untuk membantu civitas akademika UHTP dalam hal penelusuran informasi, khususnya bagi dosen, peneliti, tenaga pendidikan atau mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas perkuliahan, tugas akhir atau sedang melakukan penelitian. Permintaan informasi dapat disampaikan secara langsung atau lewat email.

Alat bantu untuk penelusuran informasi adalah:

  1. 1. On line catalog yang berisi semua data bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan (buku dan non-buku).
  2. 2. Bibliografi buku, seperti laporan, prosiding, dan terbitan monografi lainnya.
  3. 3. Current Awareness Services, seperti artikel jurnal, terbitan berkala lainya.
  4. 4. Internet/Online, berbagai bentuk karya digital seperti e-journal, databases e-books, e-articles.

Layanan literasi yang dilakukan di perpustakaan UHTP adalah:

1. Prodi mengirimkan email ke perpustakaan untuk kebutuhan mahasiswa semester akhir khususnya bagaimana mencari sumber informasi untuk menyusun karya ilmiah.

2. Departemen HCM mengirimkan email untuk kebutuhan penjelasan tentang perpustakaan kepada SDM (dosen dan tenaga kependidikan) yang baru bergabung